Domino Matematika

Sejarah domino yang tertulis memunculkan beberapa versi. Namun demikian, kesemua versi itu sepakat bahwa permainan domino lahir di Cina. Versi pertama menyebutkan bahwa domino mulai dikenal tahun 1120 M.

Sejarah dan pengertian domino di indonesia
Versi kedua mengungkapkan bahwa domino mulai dimainkan oleh tentara Hung Ming pada sekitar tahun 181-234 M. Sejarawan lain menyampaikan versi ketiga bahwa domino sudah dikenal pada masa Keung T’ai Kung, sekitar 1.100 SM.Namun ahli sejarah tradisi Cina, Chu sz yam lebih mempercayai versi pertama. Menurut dia, permainan ini dibuat oleh seorang pegawai negeri dan dipersembahkan untuk Kaisar Hui Tsung pada tahun 1120.
Permainan Tile atau yang kini populer disebut dengan domino menurut sejarah pertama kali ditemukan di Cina tepatnya pada awal 1120 Masehi. Berdasarkan catatan sejarah dengan ditemukannya potongan-potongan,jalan kembali ke prajurit-pahlawan yang bernama Hung Ming (181-234 M). Sedangkan sejarawan lain percaya bahwa Keung T’ai Kung, pada abad kedua belas SM adalah orang yang pertama kali menciptakan jenis permainan tersebut.Yang Chu sz ubi (Penyelidikan pada hadis All Things) menyatakan bahwa domino diciptakan oleh seorang negarawan pada tahun 1120 Masehi.

Bagaimna jika permainan domino ini diubah kedalam bentuk matematika??? Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai permainan domino mtematika.
           Permainan merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menarik siswa dalam belajar Matematika (ilmu eksak). Siswa akan lebih mudah mengingat dan memahami dalam belajar matematika jika dia senang melakukan hal tersebut dan disertai dengan pengalaman konkrit yang ada di kehidupan sehari-hari. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Zoltan P. Dienes yang dikutip oleh E.T.Ruseffendi (1980:135) mengatakan semua abstraksi yang berdasarkan kepada situasi dan pengalaman konkrit, prinsip penjelmaan banyak (Multiple embodiment Principal) adalah suatu prinsip yang bila diterapkan oleh guru untuk setiap konsep yang diajarkan akan menyempurnakan penghayatan siswa terhadap konsep itu.
Metode pembelajaran dengan menggunakan permainan akan menarik siswa untuk menyenangi pembelajaran matematika yang pada akhirnya dari minat belajar siswa yang meningkat tersebut akan memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar siswa.
——–—-– PERMAINAN DOMINO PECAHAN —–———-
Permainan ini merupakan permainan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan mudah untuk diterapkan dalam pembelajaran.  Permainan ini bermanfaat dalam menarik siswa belajar pecahan. Bagaimanakah penerapan permainan domino pecahan ini dalam pembelajaran ?
  1. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 7 siswa
  2. Guru memberikan  satu set kartu domino pada setiap kelompok
  3. Selanjutnya siswa atau pemain mengacak kartu dan kartu dibagikan dalam satu kelompok secara merata
  4. Pemain yang mengacak kartu sebagai pemain pertama dan harus membuka kartu dan dilanjutkan pemain kedua (pemain disisi kanan pemain pertama)
  5. Penempatan kartu sesuai dengan nilai pada kartu dan jika pemain tidak memiliki kartu yang sesuai, maka dilanjutkan oleh pemain berikutnya
  6. Pemenang dari permainan ini adalah 5 siswa yang kartunya habis paling awal dan 2 siswa yang kartunya habis paling akhir sebagai pemain yang kalah serta diberi sanksi berupa pemberian soal.

Untuk selanjutnya anda dapat memodifikasi sendiri bagaimana permainan domino matematika :)


[INFO]
Ada sedikitt info nih kalo setiap tahunnya ada event besar dari HIMMA(Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika ) Universitas Sriwijaya ngadain yang namanya "Mathematics Education Fair" salah satu lombanya yaa domino :) seru kan hehe :D untuk saat ini lomba domino mecakup wilayah sumbagsel mudah-mudahan kedepannya bisa se-Nasional yaa. Jadi buat yang berminat ikut lomba domino bisa kunjungi website HIMMA yaa
himma.unsri.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Ular Tangga Matematika

Teori Belajar Skemp

Matematika dalam Lukisan Monalisa