APPLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penggunaan applet sebagai media pembelajaran matematika dapat diakses melalui suatu situs atau website yang bernama wisweb.
Wisweb adalah situs Frudenthal Institute untuk pendidikan matematika sekunder (siswa dari 12 sampai 18 tahun) fokus utama dari situs ini yaitu java applet. Dimana java applet adalah sebuah program kecil yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, yang diakses melalui halaman Web dan dapat di download ke dalam mesin klien yang kemudian menjalankannya di dalam jendela penjelajah web. Java applet dapat secara dinamis menambahkan beberapa fungsi kepada halaman-halaman Web yang bersifat statis. Akan tetapi, untuk menjalankannya sebuah komputer harus memiliki program penjelajah web yang dapat menjalankan Java, seperti Microsoft Internet Explorer 4.0 ke atas, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, dan opera. Selain itu ,situs ini menawarkan informasi tentang DME,Digital Matematika Lingkungan. Applet merupakan alat pembelajaran interaktif yang dapat digunakan siswa untuk beberapa tujuan,seperti untuk mengeksplorasi situasi masalah,untuk menemukan representasi atau konsep,untuk membangun dan mengeksplorasi 3D benda, atau melatih keteranpilan.
Applet tidak hanya memilki satu jenis permainan saja melainkan banyak jenis permainan di dalam applet. Dalam kesempatan kali ini kami memilih "LINEAR EQUATION TEST".

DESKRIPSI APPLET

Linear Equation Test merupakan sebuah permainan dimana kita diminta untuk menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel langkah demi langkah. Permainan ini berhubungan dengan materi aljabar. Siswa harus menguasai sifat-sifat aljabar dan mengetahui komponen dari bentuk aljabar seperti variabel, koefisien dan konstanta. Cara memainkan applet ini yakni kita diminta untuk menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel yang mana soal tersebut telah disediakan di dalam permainan ini. Kemudian klik anak panah kebawah untuk menuliskan step penyelesaian soal tersebut. Kemudian kita selesaikan step by step hingga didapatkan nilai variabel yang ditanyakan. Menginput variabel atau koefisien kita gunakan huruf dan angka yang telah disediakan oleh keyboard.  Untuk mengecek jawaban kita, klik tombol check. Jika ingin mencoba kembali klik tombol again. Permainan ini memuat 10 level. Jika ingin pindah ke level selanjutnya klik tombol angka 1 sampai 10.

LEVEL SISWA
Permainan ini sudah bisa dimainkan oleh siswa kelas 7 SMP. Permaianan ini bermanfaat untuk siswa karena dapat memudahkan siswa memahami dan belajar materi persamaan Linear satu variabel. Dengan media pembelajaran seperti ini dapat membuat siswa lebih tertarik mempelajari pokok bahasan mengenai persamaan linear satu variabel. Karena seperti yang kita tahu bahwa jika kita berada dalam sebuah permainan pastinya kita akan selalu berupaya agar bisa dan selalu ingin menjadi pemenang. Dalam konteks permainan ini jika siswa ingin memenangkan dan selalu mendapat jawaban benar ia harus memahami dan belajar terus menerus mengenai materi persamaan linear satu variabel khususnya dan yang pastinya untuk mendukung pengerjaan materi ini harus menguasai sifat-sifat operasi aljabar. 

KEMAMPUAN YANG BISA DIUKUR
-Persamaan Linear satu Variabel
-Sifat-sifat operasi Aljabar
-Operasi suku sejenis

PENILAIAN
Guru memberikan penilaian dengan cara melihat dan mengecek setiap langkah-langkah yang dikerjakan oleh siswa hingga diperolehnya nilai x. Guru dapat menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel dan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat operasi aljabar.

            Guru juga dapat memberikan penilaian yang berbeda terhadap masing-masing soal yang dikerjakan oleh siswa karena semakin naik level siswa dalam memainkan permainan ini tingkat kesulitan soal yang akan dihadapi siswa juga berbeda. Dalam hal ini guru juga dapat mengetahui level dan soal seperti apa yang menjadi permasalahan mayoritas siswa di kelas yang ia ajarkan.

Bagi anda yang penasaran silahkan buka link applet dibawah ini

www.fi.uu.nl/wisweb

Komentar

  1. Bagus mel dan kalo bisa ditambahkan gambar applet . Tapi semuanya udah lengkap dan jelas. Semangat melia

    BalasHapus
  2. wee, mel..
    kerenlah banyak isinyo..
    mangatse mel..
    hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Ular Tangga Matematika

Teori Belajar Skemp

Matematika dalam Lukisan Monalisa