ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

     Kata ‘media’ berasal dari bahasa latin Medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar.  Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar megajar. Briggs (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran seperti : buku,film, video dan sebagainya. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan berlangsung secara optimal.
      Sedangkan media pendidikan matematika yang lebih cenderung disebut alat peraga (manipulative materials) matematika adalah alat yang digunakan untuk mempermudah menjelaskan konsep matematika.
Salah satu contoh media pembelajaran matematika yaitu " ALAT PERAGA".
Kami membuat sebuah alat peraga yang diberi nama "PASINUSMETRI". Dimana PASINUSMETRI itu sendiri merupakan singkatan dari "Panah Sinus Trigonometri". Pasinusmetri sendiri dibuat untuk membantu siswa menghapal nilai sinus dari sudut-sudut istimewa. Kita ketahui bahwa masih ada siswa yang tidak hapal nilai sinus dari sudut-sudut istimewa. Padahal mengetahui nilai sinus sudut istimewa sangat penting terutama saat akan melaksanakan ujian nasional.
            Kelebihan dari alat peraga ini adalah dapat membantu siswa menghapal dan mengingat nilai sinus sudut-sudut istimewa  sambil bermain. Alat ini sangat cocok untuk anak SMP yang sifatnya masih kekanak-kanakan. Jika mereka belajar yang terlalu monoton dengan ceramah dan penjelasan-penjelasan di papan tulis, umumnya mereka cenderung akan merasa bosan. Dengan adanya alat peraga ini dapat menarik minat siswa bermain sambil belajar.
            Kelemahan dari alat peraga ini adalah hanya menampilkan nilai sinus sudut istimewa saja. Jadi fungsi dari pasinusmetri hanya sebatas membantu siswa menghapal niali sinus sudut istimewa saja. Seharusnya juga dapat menunjukkan nilai cosinus dan juga tangen. Anak panah dari pasinusmetri juga kurang fleksibel dan berhentinya kurang tepat menunjukkan letak sudutnya, jadi terkadang sulit untuk menduga letak berhentinya anak panah.
            Cara menggunakan pasinusmetri yakni dengan memutar anak panah yang berada di tengah lingkaran. Tunggu hingga anak panah tersebut berhenti. Dan lihat arah sudut dimana ia berhenti. Buka penutup sudut, dan lihatlah nilai sinus dari sudut tersebut.




Agar lebih jelas mengenai cara pembuatan dan penggunaannya  silahkan anda lihat melalui video berikut :)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Ular Tangga Matematika

Teori Belajar Skemp

Matematika dalam Lukisan Monalisa